‘Surga’ Ada di Bawah Laut Indonesia

Tak usah jauh-jauh berlibur ke luar negeri untuk menyaksikan surga dunia. Indonesia saja miliki alam bawah laut memesona yang pantas dimaksud seperti surga.

Dari Wakatobi di Sulawesi Tenggara sampai Karimunjawa di Jepara, terdapat banyak alam bawah laut Indonesia yang indah bak surga. Warna-warni terumbu karang sampai ikan hias yang ada ditanggung bakal bikin Anda kerasan lama menyelam di Indonesia.

Oleh karena itu, tidak dikit turis asing sampai lokal yang berlibur ke beberapa tujuan di Indonesia untuk diving. Disatukan, Kamis (4/8/2016) ini dia 5 surga bawah laut di Indonesia:

1. Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Menyebutkan nama Wakatobi di Sulawesi Tenggara, tentulah traveler sepakat apabila alam bawah lautnya dikatakan sebagai surga dunia. Terumbu karang warna-warni dan biota cantik yang lain ditanggung bisa menganakemaskan traveler penggemar diving.

Di Wakatobi, traveler bisa coba menyelam di banyak titik yang tersohor bakal keindahannya. Perumpamaannya seperti di Wangi-wangi serta Tomia. Di Wangi-wangi, ada Nua Shark Poin serta Coloseum. Dan di Tomia ada Roma, Ali Reef, Fan 38 West, Pocket, Fan garden, serta Table Coral City

Buat yang belum jago diving serta tidak bisa menyelam jauh, beragam biota laut unik juga bisa di nikmati dengan visibility alias jarak pandang yang capai 20-25 mtr. saja. Cukup menyelam dibawah air, serta Anda bisa menyaksikan surga dunia ala Wakatobi.

2. Takabonerate, Sulawesi Selatan

Wakatobi serta Raja Ampat, telah diketahui jadi surga dunia bawah laut di Indonesia. Ada lagi tempat sesuai itu serta lebih ekslusif, sebab miliki atol terindah ke-tiga di dunia. Namanya yaitu Takabonerate!

Takabonerate sebagai Taman Nasional yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Dalam bahasa Bugis, namanya miliki makna bentangan karang di atas pasir. Itu memperlihatkan, kepulauan masuk dalam taman nasional ini punyai atol alias terumbu karang dibawah laut yang berwujud melingkar mengitari kepulauan.

Untuk masalah keindahan terumbu karang, Takabonerate juga bisa diadu dengan Raja Ampat di Papua. Ada 26 titik diving di Takabonerate yang dapat dieskplore. Belumlah juga 18 pulaunya yang dapat dieskplore serta di nikmati keindahannya.

Sayangnya area Takabonerate bisa disebut terpencil serta cukup jauh dari Makassar. Traveler harus naik mobil dahulu 5 jam ke Bulukumba serta lanjut 2 jam naik kapal ke Kepulauan Selayar. Dari sana, ada operator tour untuk sewa kapal atau langsung ke Pelabuhan Kota Benteng saat 4 jam perjalanan. Jauh namun sama dengan keindahan alam bawah laut serta pulaunya.

3. Bunaken, Sulawesi Utara

Masih dari Sulawesi, selanjutnya yaitu Bunakaen di Sulawesi Utara. Taman laut Bunaken tidak cuma tenar di kelompok pelancong dalam negeri saja, namun juga luar negeri. Disini satu diantara tempat terunggul di Indonesia untuk snorkeling serta diving.

Traveler juga bukan cuma dapat mampir ke Pulau Bunaken, namun juga keempat pulau lain yang ada pada kurang lebih. Perumpamaannya seperti Manado Tua, Siladen, Mantehage serta Nain. Tiap-tiap spot juga memberikan keindahan bawah lautnya yang memesona.

Satu diantara rujukan spot diving yaitu Pangalisang yang masih masuk di area Bunaken. Ketimbang spot lain, biota laut yang ada pada Pangalisang termasuk ramai dibandingkan dengan yang lain.

Untuk meraihnya perlu waktu kurang lebih 30 menit dari Pelabuhan Manado ke Bunaken dengan memanfaatkan perahu. Sesampainya di Pulau Bunaken, traveler harus masih bayar ticket masuk kurang lebih Rp 2.500 per orang untuk ongkos konservasi.

4. Pulau Menjangan, Bali

Jadi pulau yang paling ramai dikunjungi turis luar negeri di Indonesia, Bali juga miliki ‘surga’ bawah laut. Pasnya ada pada Pulau Menjangan yang masuk ke area Taman Nasional Bali Barat, Kabupaten Buleleng.

Ada di area Taman Nasional, biota laut yang ada pada Pulau Menjangan bisa disebut cukup terbangun. Diluar itu, Pulau Menjangan disucikan oleh orang pengikut agama Hindu ditempat. Tidak asal-asalan orang dapat hadir kesini, tidak hanya untuk sembahyang serta berliburan.

Tidak hanya terumbu karang, beragam ikan bermacam warna dapat traveler temukan di sini dalam jumlahnya yang banyak dalam kumpulan. Mereka berenang kesana kesini, seperti iringi traveler yang tengah snorkeling atau diving.

Ketujuan ke pulau ini dapat dengan memanfaatkan perahu dari dermaga penyeberangan Labuhan Lalang atau Labuhan Banyu Wedang. Traveler dapat menyewa perahu seharga Rp 300.000 dengan kemampuan kurang lebih 10-12 orang penumpang serta lanjut meniti jarak kurang lebih 20 menit sampai datang di Pulau Menjangan.

Janganlah lupa membayar membayar ticket masuk seharga Rp 2.500 untuk turis lokal serta Rp 25.000 untuk turis asing. Diving bisa, namun juga harus berikan peran untuk ongkos perlindungannya.

5. Karimunjawa, Jawa Tengah

Surga bawah laut paling akhir yaitu Karimunjawa di Jepara, Jawa Tengah. Kota Jepara memang diketahui jadi tempat lahirnya RA Kartini, namun keindahan bawah laut Karimunjawa jadi lebih diketahui serta telah digemari banyak orang di kelompok turis.

Umumnya traveler yang berlibur ke Karimunjawa seringkali mampir ke Pulau Menjangan Kecil, Pulau Kecil, atau pada Pulau Menjangan. Semua pulau itu tawarkan alam bawah laut memesona. Sekali menyelam rasa-rasanya tidak mau segera naik!

Perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa bisa ditempuh dari Pelabuhan Kartini, Jepara dengan memanfaatkan kapal ferry saat lebih kurang 5 jam atau kapal express saat lebih kurang 2,5 jam, terkait situasi cuaca serta gelombang.

Sesudah membaca 5 tujuan di atas, pasti traveler sepakat jika alam bawah laut Indonesia memang indah bak surga. Jadi nantikan apalagi? Selekasnya kemasi tas Anda serta berlibur ke beberapa tujuan di atas. (rdy/fay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *