Pantai di Pulau Anak Krakatau, Tak Kalah Cantik

Meskipun berupa gunung, pantai di Pulau Anak Krakatau tidak kalah cantik dengan lainnya. Cobain deh bertandang serta tonton langsung pesonanya.

Alam ialah tempat belajar yg baik, sebab tidak cuman memberikan keindahan pula mengarahkan bagaimana berproses pada kehidupan. Seperti contoh-contohnya di pulau Anak Gunung Krakatau Ini.

Siapa kira, sisa letusan Gunung Krakatau yg hebat pada waktu dulu tersisa beberapa tempat indah yg dapat dieksplorasi juga jadikan tempat pengamatan ilmiah.

Pantai di Pulau Anak Gunung Krakatau ini contohnya. Walau bentuk aslinya berbentuk gunung, pulau ini miliki pantai yg tidak kalah indah, sebab miliki ciri-ciri pasir yg berwarna hitam. Itu karena tersusun dari batuan hasil letusan gunung api berkomposisi andesitis dengan mineral gelap.

Untuk ketujuan daerah Anak Gunung Krakatau, tidak cuman dari Lampung, kita dapat meraihnya langsung dari Anyer – Banten. Bila ingin datang kala matahari keluar, berangkatlah waktu 02.00 WIB, sebab perjalanan dapat ditempuh seputar 3 jam memanfaatkan kapal nelayan. Akan tetapi butuh kesiagaan, sebab kebanyakan malam hari gelombang Selat Sunda semakin besar, jadi harus persiapkan obat-obatan supaya tidak mabuk laut serta gunakanlah pelampung untuk keselamatan.

Anak Gunung Krakatau adalah wilayah konservasi serta masuk lokasi Lampung, jadi untuk dapat menjelajahi kesini harus ijin dulu ke BKSDA. Walau demikian, pulau kecil ini tidak berpenghuni, cuma ada petugas menjaga yg layani tamu dalam pelbagai kepentingan.

Kala datang di pantainya, kita harus masih berusaha untuk menepi ke daratan. Pagi itu ombak masih lumayan besar serta memang tidak ada dermaga, jadi bikin penumpang sangat terpaksa basah-basahan untuk dapat turun ke daratan. Dari pantainya, kita dapat nikmati keindahan pulau-pulau disekitarnya, ialah Pulau Sertung, Panjang, Rakata, serta Sabesi, sembari terkagum pada proses panjang berlangsungnya letusan kompleks gunung berapi Krakatau pada kala lampau.

Saya tidak mengira, letusan dahsyatnya pada tahun 1883 yg membinasakan sejumlah besar pulau, sekarang sudah berubah jadi pulau baru ialah Anak Gunung Krakatau serta tiap-tiap tahun ketinggiannya makin bertambah, sampai waktu ini capai seputar 450 mtr..

Bukan sekedar ketinggian, luasnya juga makin bertambah karena lelehan lava yg sudah jadi kering jadi batu sekarang isi ruangan pantainya. Kekhasan yang lain, vegetasi di pulau ini ada sebab proses suksesi yg amat alami, ialah lewat udara juga laut, tidak dapat lewat darat, sebab pulaunya yg terisolir laut. Sampai, tumbuhan serta binatang yg ada di sini amat hanya terbatas.

Karena itu, pengunjung tidak bisa buang atau tinggalkan biji-bijian di pulau ini. Semua dirancang oleh alam, tidak dengan keterlibatan manusia. Jadi tidak salah, jika pulau Krakatau ini jadikan laboratorium alami. Sangat banyak pengetahuan yg dapat kita peroleh di sini, sebab kita belajar langsung dari alam.

Bukan sekedar di darat, di perairan seputar pulaunya pula miliki keanekaragaman biota laut juga terumbu karang yg indah. Airnya yg biru serta jernih bikin orang ingin begitu lama mengeksplor bawah airnya serta menyimpan kekhasan lain, ialah ada gelembung udara serta sisa patahan karena kesibukan gunung api. Satu diantaranya spot snorkling yg biasa didatangi ialah Lagoon Cabe. Untuk kesini baiknya kala pagi hari, sebab bila begitu sore arus bawahnya jadi kuat, sampai dapat membahayakan keselamatan.

Jadi bangsa Indonesia, udah sepantasnya bangga miliki pulau Anak Gunung Krakatau, sebab tidak cuman miliki peristiwa panjang yg ikut pengaruhi peradaban dunia, pula miliki pelbagai keanekaragaman jiwai yg tidak ternilai harga. Karena itu, kita harus mengawasinya sebaik-baiknya serta patuhi semua ketentuan yg ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *