Mendaki Gunung Arjuno via Cangar, Ada Lubang Uap Ajaib!

Arjuno yakni gunung di Jawa Timur dengan ketinggian 3.339 mdpl. Gunung ini cukup ajaib, lantaran miliki lubang uap alami. Seperti apa?

Buat banyak pendaki, mungkin Gunung Arjuno tidak asing . Supaya dapat raih pucuk Gunung Arjuno ada sejumlah pilihan arah yg dapat di lalui. Kebanyakan arah yg disukai banyak orang di kelompok pendaki yakni arah pendakian lewat Tretes atau Purwosari.

Tetapi juga ada arah yg tidak demikian ramai dilewati banyak pendaki Gunung Arjuno, ialah arah pendakian lewat Cangar. Arah pendakian lewat Cangar ini sesungguhnya membutuhkan taksiran waktu pendakian yg lebih singkat bila dibanding arah lain. Namun banyak mendaki tidak pilih arah ini lantaran tidak ada sumber air di selama perjalanan.

Air sebagai kepentingan primer kala mendaki gunung, sampai-sampai banyak pendaki lebih pilih arah yg cukuplah panjang tetapi dapat menemukannya sumber air buat jaga-jaga bila persediaan air mulai tipis atau bahkan juga habis.

Tapi ada suatu hal yg tidak serupa yg dapat diketemukan di arah pendakian Gunung Arjuno lewat Cangar ini. Dalam arah pendakian sebelum hingga di Lembah Lengkean, pendaki dapat menemukannya satu lubang yg ditutup dengan tumpukan kayu. Tumpukan kayu ini nampak seperti bakar perapian lantaran seperti ada asap hangat yg ada dari sana.

Kala disaksikan dari dekat, nyata-nyatanya tumpukan kayu itu menutupi satu lubang uap. Dari lubang itu ada uap yang bisa menghangatkan pendaki antara udara dingin dari lereng Arjuno. Pasti pendaki tak usah susah-susah bikin perapian namun alam udah menyiapkan penghangat alami yg amat nyaman.

Tidak cuman bisa menghangatkan, lubang uap ini bisa jadi substitusi sumber air yg tidak diketemukan oleh banyak pendaki di arah itu. Pendaki dapat mengadakan plastik di atas lubang uap itu lantas menalikannya dengan kayu-kayu yg tertancap disekeliling lubang. selesai dibiarkan sesaat maka dapat terkumpul uap yg udah jadi cairan di plastik itu.

Walaupun tidak sejumlah yg dicapai dari sumber air namun cairan itu amat menunjang buat meningkatkan persediaan minum atau bahkan juga buat memasak. Cairan itu dapat dikonsumsi serta amat beri kesegaran seperti air putih biasa.

Jadi demikian banyak bonus yg diperoleh dari mendaki Gunung Arjuno lewat Cangar. yg pertama pendaki dapat sampai pucuk dengan lewat arah yg lebih dekat serta taksiran waktu yg lebih singkat, terkecuali itu pendaki bisa menemukannya sumber air pilihan juga sekaligus penghangat alami dari lubang uap di arah pendakian lewat Cangar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *