Gumbasalu, Gua Penuh Stalaktit Cantik di Donggala

Gua Gumbasalu yang ada di tepian Donggala serta Pasangkayu, Sulawesi Barat wajar untuk traveler datangi. Gua ini dipenuhi stalaktit cantik.

Gua Gumbasalu adalah salah satunya gua yang mesti untuk didatangi banyak pencinta petualang menentang yang suka dengan wisata extrem.

Dari info yang saya temukan, ada banyak area gua di wilayah ini. Tetapi berkaitan info yang kami raih tentang akses ke area kurang, hingga yang dapat kami dapatkan cuma satu.

Masuk Gua Gumbasalu dari arah jalan trans, ada wejangan mengarah area. Tetapi hal paling sukar merupakan mendapatkan letak gua yang ada antara kebun cokelat punya masyarakat. Tak ada wejangan yang kami temukan, hingga harus bertanya pada salah satunya masyarakat.

Kami ditempatkan melalui jalan setapak antara kebun-kebun cokelat serta semak belukar. Saya sarankan untuk punyai kompas, sebatas jaga-jaga jika tersesat di kebun cokelat.

Lantaran ruangan ini jarang-jarang didatangi, bikin Gua Gumbasalu tak mempunyai akses yang cukup untuk dapat dilalui. Letak mulut gua yang tertutup semak belukar akan membuat jadi lebih sulit mendapatkan gua ini.

Tetapi untungnya kami bisa mendapatkan pintu masuk gua dalam waktu cepat. Walau begitu, pelacakan termasuk tidak ringan. Gua Gumbasalu termasuk extrem lantaran jarang-jarang didatangi, hingga muncul dikit kemelut waktu masuk pintu gua.

Lantaran rasa ingin tahu yang cukuplah tinggi, kami juga lekas masuk. Pertama ada dalam gua, kita akan diterima beberapa ratus kelelawar penghuni gua yang berhamburan terbang serta bergantungan di atap gua.

Selama telusuri lorong-lorong gua yang amat kecil, merasa oksigen mulai tipis, akan meningkatkan sensasi kemelut. Tetapi selanjutnya kita juga ada pada panorama stalaktit. Gua Gumbasalu membayar kemelut saat melacak gua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *