Fakta-fakta Puncak Everest yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Berikut ini fakta-fakta dari pucuk paling tinggi sedunia, Everest. Sebenarnya , dapat disebut jadi tempat sampah paling tinggi di Bumi.

Merilis CNN, Jumat (31/5/2019), yaitu jejak Edmund Hillary serta Tenzing Norgay yang coba dibarengi pendaki dari pelosok dunia. Mereka berubah menjadi pendaki pertama yang mencapai pucuk Gunung Everest pada tahun 1953.

Serta, apa kamu salah satu orang yang jadikan Gunung Everest jadi perolehan paling akhir? Disamping itu, berikut ini 4 realitas berkenaan Everest yang mungkin sedikit pendaki tahu:

1. Gunung paling tinggi di dunia, namun…

Gunung Everest mempunyai ketinggian 8.848 mdpl, yaitu yang paling tinggi di atas permukaan laut. Tetapi sebetulnya gunung paling tinggi ada pada tengah Samudra Pasifik, yaitu Mauna Kea, di Hawaii.

Mauna Kea, gunung berapi yang tak aktif, tingginya di atas permukaan laut sampai 4.205 mdpl. Namun, bila Anda mengukurnya dari basic laut ke pucuk, ketinggian totalnya hampir 10.210 mdpl!

Serta Everest bahkan juga bukan titik paling tinggi di atas pusat Bumi. Itu punya Gunung Chimborazo di Ekuador.

Pucuk Chimborazo yaitu 6.267 mdpl. Namun, sebab planet ini lebih tebal di garis khatulistiwa (lantaran model sentrifugal yang diakibatkan oleh perputaran Bumi) Pucuk Chimboramo lebih dari 2.072 mdpl lebih jauh dari pusat bumi ketimbang pucuk Everest.

2. Cuma dikit yang dapat mendaki

Mendaki Pucuk Everest memang tak simpel sebab suhu dingin, angin kencang serta oksigen hanya terbatas yang membuat berubah menjadi beresiko. Lebih dari 200 orang udah wafat di gunung mulai sejak 1922, sewaktu kematian pendaki pertama di Everest dicatat. Tingkat kesuksesan pendaki Gunung Everest cuma 29%.

Lepas dari semuanya itu, beberapa ratus orang mendapatkan izin buat mendaki Gunung Everest tiap-tiap tahun. Calon pendaki mesti mendapat izin, biayanya lebih kurang USD 11.000. Selama ini, buat musim mendaki pada musim semi tahun ini, dewan pariwisata Nepal udah keluarkan 381 izin.

Ada lebih kurang 11.000 pendaki di antara 1922 serta 2006, diimpun dari situs situs adventurestats.com. Tenggang umur pendaki lebih lebar, sebab yang paling tua serta sukses sampai pucuk Everest yaitu Yuichiro Miura (80) dari Jepang pada tahun 2013. Termuda, yaitu anak remaja dari Amerika Serikat berumur 13 tahun bernama Jordan Romero yang ditemani oleh ayah serta ibu tirinya pada tahun 2010.

3. Persiapan saat sekian tahun?

Tak benar. Pemerintah Nepal tak berikan obyek berapakah jam latihan tersendiri yang wajib dituntaskan pendaki sebelum mendaki pucuk Everest.

Sejumlah agen pendakian di Nepal yang menopang memfasilitasi pendakian ke pucuk bakal membebankan beberapa ribu dolar buat kursus pendaki. Model kursus yang ditawarkan oleh agen trekking lantas berlainan.

Bahkan juga, sebelum pergi ke Nepal, beberapa orang yang pingin mendaki Everest diperintah buat punya komitmen pada agenda latihan yang tinggi beberapa waktu sebelum pendakian. Itu buat jaga kesegaran badan pendaki konsisten terbaik.

Satu diantaranya pertama-pertama untuk siapa lantas yang pingin mendaki Everest yaitu mesti konsultasi dengan dokter buat cek kesehatan fisik. Sewaktu ketinggian berubah menjadi penilaian khusus, latihan kardio lebih dikedepankan, bukan kemampuan.

4. Everest yaitu tempat sampah paling tinggi

Penambahan jumlahnya pengunjung yang besar sekali dalam sejumlah dekade paling akhir udah berpengaruh kritis pada lingkungan gunung, kata Everest Summiteers Association.

Usaha pembersihan dikerjakan bulan yang lalu, yaitu bisa menyatukan lebih dari 3 ton sampah cuma dalam dua minggu pertama. Sampahnya, ada kaleng, botol, plastik serta perabotan pendakian yang dibuang.

Yang butuh dipikir serta tak berkenaan mito yaitu rekor jumlahnya pendaki tahun ini. Itu mengakibatkan kepadatan di arah pucuk Everest sebab beberapa ratus orang mengantre.

Selama ini, paling tidak 11 orang wafat saat musim pendakian musim semi 2019. Tahun yang kemarin, lima pendaki wafat, sesaat enam pendaki wafat pada tahun 2017 serta 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *