Belum ke Kyoto, Kalau Belum ke Kastil Nijo

Berlibur ke Kyoto, kamu mesti singgah ke Kastil Nijo. Berikut ini kastil yg dibuat oleh Shogun pertama di Era Edo. Belum ke Kyoto, jika belum ke Kastil Nijo.

Nijo Castle dibuat oleh shogun pertama juga sekaligus penguasa yg paling mempunyai pengaruh pada periode Edo, Tokugawa Ieyasu pada tahun 1603 yg baru tuntas 23 tahun lalu oleh cucunya. Benteng sebagai situs warisan dunia UNESCO ini saat ini dibuka untuk umum. Istana ini dibuat jadi hunian beberapa dinasti Tokugawa pula sebagai tempat peristiratan shogun yg bertandang ke Kyoto.

Nijo Castle miliki 3 sisi, adalah barisan pertahanan pokok Honmaru, barisan pertahanan ke dua Ninomaru serta beberapa taman.
Apabila kita masuk benteng dari pintu timur, kita akan mendapatkan Karamon Gate, satu gerbang dengan tipe Cina yang disebut jalan masuk ke arah Ninomaru Palace sebagai bangunan pokok di benteng ini. Gerbang ini miliki 4 pilar penopang, serta ada ukiran burung bangau, bambu, pinus serta bunga plum yg melambangkan panjang usia.

Masuk gerbang, akan kita temui Ninomaru-goten Palace, adalah istana yg miliki 6 bangunan terkoneksi yg tersusun dengan cara diagonal dari tenggara sampai barat laut. Istana ini miliki 33 ruang serta lebih dari 800 tatami serta didekorasi oleh lukisan yg antara lain lukisan harimau, leopard, pinus serta elang yg memperjelas wewenang Shogun. Dan cherry blossom serta bunga-bunga mendeskripsikan 4 musim.

Ruang yg ada di sini antara lain ruang tempat beberapa penguasa feodal tunggu sebelum berjumpa shogun, tempat shogun menjumpai penguasa feodal. Ada pula ruang pribadi Shogun. Di istana ini kita tak dibolehkan ambil photo serta mesti membebaskan alas kaki kala berkeliling-keliling ruang. Ruang cuma dapat disaksikan di luar pintu atau jendela.

Yang tidak kalah indah yaitu Ninomaru Garden. Taman ini adalah taman bergaya Shoin-zukuri classic dengan adanya banyak batu disamping kolamnya. Walaupun tidaklah terlalu besar, taman ini benar-benar memberikannya ketenangan serta kesejukan untuk yg menyaksikannya.

Dari Ninomaru Garden, jalan akan disasarkan ke Honmaru-goten Palace & Garden. Istana yg kini terdapat dalam parit Nijo Castle dipilih jadi salah satunya property budays penting oleh pemerintah Jepang. Di pojok taman ini ada “The base of the keep tower”, yg dahulunya adalah menara menjaga dengan 5 tingkat. Dari atas benteng batu yang ada ini, pengunjung dihidangkan panorama Honmaru-goten Palace, Honmaru Garden, kota Kyoto.

Taman yg tidak kalah cantik di Nijo Castle yaitu Seiryu-en Garden yang disebut paduan di antara tipe timur serta barat. Dimana tipe timur diwakilkan oleh dua tea house, yg diperlengkapi dengan halaman rumput di taman bergaya barat.

Walaupun Nijo Castle ini lumayan besar, tetapi tak merasa mengitarinya lantaran apa yg kits lihat demikian menarik serta cantik. Ditambah lagi kala musim gugur, pohon pohon di taman menyediakan macam-macam warna yg menarik.

Nijo Castle dapat didatangi setiap hari mulai jam 8 pagi sampai 6 sore pada musim panas. Tiketnya 600 serta penambahan 400 yen untuk masuk Ninomaru Palace. Untuk raih istana ini dapat gunakan dapat maupun subway dari Kyoto Station.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *