Aceh Jaya Punya Gunung & Pantai yang Cantik, Sudah ke Sana?

Telusuri keindahan alam di Aceh Jaya asik lho. Banyak tempat wisata alam mengagumkan yg belum ramai pelancong.

Pantai di Kabupaten Aceh Jaya tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lain. Di sini, dengan pesona panorama yg masih alami bebas polusi walau terdapat dipinggiran jalan nasional yg kerap dilalui berseliweran oleh pengendara jalan.

Minggu lalu saya mengambil cuti dari kantor beberapa saat untuk pulang ke kampung halaman Aceh. Perjalanan dari Surabaya ke Banda Aceh lebih kurang 5 1/2 jam udah terhitung transit di Jakarta.

Setibanya di Banda Aceh, saya dibawa oleh abang untuk main ke Calang, Kabupaten Aceh Jaya. Diketahui obyek wisata serta panorama pantainya tidak kalah menarik dengan wisata lain yg ada pada Indonesia, satu diantaranya pantai di kaki Gunung Geurutee yg terdapat di Lamno, pinggiran di antara Kabupaten Aceh Jaya serta Aceh Besar. Lebih kurang 1 jam 30 menit dari Kota Banda Aceh, ibu kota Propinsi Aceh.

Gunung Geurutee ini yang pasti terdapat di Kota Lamno. Mungkin tidak asing untuk kalian dengar mengenai penduduk Aceh yg bermata biru. Konon sejarahnya dahulu keturunan prajurit Portugis yg kapalnya sudah pernah terdampar di pantai Kerajaan Daya serta ditawan oleh raja yg sudah pernah berkuasa di lokasi itu pada zaman ke-16.

Banyak prajurit Portugis yg tertawan di lokasi itu pada akhirnya masuk Islam, menikah dengan masyarakat ditempat sekalian mengambil etika Aceh dalam kehidupan mereka dengan turun-temurun.

Selama perjalanan kita bisa memandang keindahan alam serta pantainya masih jarang-jarang terjamah oleh pelancong. Mungkin cuma beberapa pelancong lokal berfoto-foto sesaat di tempat ditempat. Tempatnya masih sepi, mungkin wisata di sini belum juga terpublikasikan dengan meluas.

Pada beberapa titik perbukitan selama perjalanan umumnya kita dapat memandang segerombolan monyet berkeliaran ditengah-tengah jalan. Mungkin untuk traveler yg sedang berkendara supaya waspada lantaran banyak hewan yg berkeliaran.

Lantas banyak banyak pengendara yg memberikan makan untuk monyet-monyet itu, serta keliatannya monyetnya ramah tidak menggigit asal kita tidak punya sikap aneh saja sepanjang perjalanan.

Perjalanan saya dari Banda Aceh ke Calang lebih kurang memerlukan waktu 2-3 jam. Walaupun keadaan jalannya turun naik serta beriku-liku di selama perjalanan kita dapat nikmati panorama perbukitan, rimba serta pantai yg memberikan hati mata.

Jadi 3 jam berasa bukan waktu yg lama untuk tiba di tujuan. Satu yg membuat wilayah ini miliki daya tarik sendiri kecuali keindahan alamnya, keadaan jalanannya sepi serta bebas macet. Tidak seperti lokasi wisata-wisata lain yg terdapat di sekitaran kota-kota besar seperti Malang, Bogor serta seputarnya.

Di Calang, kami wisata ke Pantai Pemandangan, yg menyediakan panorama yg indah. Lumrah saja disebutkan Pantai Pemandangan lantaran di sini kita dapat nikmati panorama lautan yg indah dan sembari berlibur bersama keluarga. Terkecuali itu Pantai Pemandangan adalah lokasi yg pas untuk buat memandang keindahan sunset dengan siluet matahari terbenam ditengah-tengah lautan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *